Tuesday, January 31, 2006

Cegah Pencuri Bot di IRC.DAL.NET

Pada beberapa waktu lalu saya sudah memberikan sedikit pengalaman dan sedikit sharing tentang bagaimana mencuri bot. Hal ini dapat terjadi karena TCL NetGate memiliki bug, dan banyak orang telah memodifikasinya sehingga mereka menambahkan owner serta basechan mereka. Sekarang sudah saat nya saya memberikan cara bagaimana untuk menangkalnya. Fix yang akan kita lakukan ini agak sedikit bervariasi, karena TCL NetGate sendiri di kembangkan oleh banyak orang sehingga bergantung pada siapakah yang memodifikasinya. Nah untuk itu mari kita mulai dengan tutorial kecil kita.Untuk itu marilah ikuti langkah-langkah seperti berikut:

1. Yang pertama kali adalah jangan lupa untuk hidupkan kompi dan duduk di depan kompi mu.
2. Eits sebelum memulai beraksi, kita harus menyiapkan diri agar tetap tenang dan dapat berpikir jernih. Jangan lupa rokok, korek dan segelas topi hitam hangatnya.
3. Nah setelah semua siap maka, hmmm .... nyalakan dulu rokoknya donk. Nah setelah itu teguklah kopi hitam kental dan hangat yang akan membuat perasaan tenang dan nikmat.
4. Setelah kita bisa tenang dan berpikir jernih maka waktu nya bagi kita untuk siap beraksi.
5. Pertama kali kita harus membuka TCL nya, dalam hal ini namanya bisa bermacam-macam tapi yang pasti yang merupakan TCL pengaturan botnya.
6. Nah yang harus kita lakukan pada TCL nya adalah dengan menghilangkan auto owner dari sang pembuat script.Maaf disini aku tidak akan memberitahu secara rinci mengenai penghapusan penambahan owner dan basechan. Karena hal ini sangat ditentukan oleh siapa perombak tcl tersebut. So beda-beda tiap nama tcl turunan NetGate.
7. Nah klo itu semua sudah beres dan bot kita tidak lagi join ke channel aneh2 ato melakukan sesuatu yg aneh2 maka tinggal kita kelarkan dech bug dasar dari TCL netgate ini.
8. Carilah barisan script sebagai berikut:

bind ctcp - UNBAN sl_ctcp
bind ctcp - TIME sl_ctcp
bind ctcp - VERSION sl_ctcp
bind ctcp - CHAT chat_ctcp

9. Nah setelah itu tambahkanlah barisan script berikut :

bind ctcp - PING ping_reply

10. Nah aman dech sekarang bot kamu dari para pencuri untuk sementara.hmmm SEmentara????
IYah sistem itu tidak ada yang sempurna, yang ada adalah yang lebih baik dan kurang baik. Saya tidak menjamin sepenuhnya bot kamu tidak akan dapat gangguan lain, so bongkar lebih dalam tcl nya okeh untuk terus menyempurnakannya.

DEmikianlah mungkin saya berbagi pengalaman dan informasi sedikit mengenai TCL NETGATE dan turunannya.

No comments: