Friday, February 24, 2006

Keampuhan Om Google

Setelah sekian lama tidak membuat posting baru akhirnya hari ini aku dapat melakukannya lagi. Beberapa hari lalu daku keluar kota sehingga boro2 posting, konek internet juga ndak. Nah pada kesempatan kali ini Daku ingin memberikan informasi sedikit mengenai salah satu search engine paling powerful di dunia. Mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda menggunakannya."GOOGLE" yah itulah search engine kita. Yang memudahkan kita semua dalam mendapatkan informasi tentang apa saja di seluruh dunia dalam waktu yang singkat.Atau yang dalam panggilan akrabnya kita sering menyebut 'Om Google'.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan sedikit tips saja untuk anda dalam menggunakan semua fasilitas google ini.
Nah langsung dech kita mulai. Untuk mengetahui fasilitas apa saja yang terdapat dalam google maka kita bisa melihat pada link :

-= http://www.google.com/intl/en/options/ =-

Itulah semua layanan yang disediakan oleh google. Nah pada posting pertama ini saya hanya akan memberikan sedikit tips dalam penggunaan Google.

1. Pertama, lakukanlah pencarian dengan detail. Dalam hal ini masukkan keyword selengkapnya sehingga pencarian dapat lebih terarah.Berikut ini saya lampirkan beberapa Google Syntax:

-. [intitle:]
Memungkinkan kita melakukan search berdasarkan title atau judul dari halam web.Google akan membatasi hasil pencarian sesuai dengan permintaan kita. Misal : "intitle:login", maka google akan menampilkan semua halaman web dengan judul atau title "login". Perlu diingat bahwa command2 tersebut hanya akan mengenali satu kata sesudahnya. Kalau kita menggunakan "intitle:login password", maka google akan menampilkan halam dengan judul atau title login dan terdapat kata password di halaman web tersebut.
Bila kita menginginkan pencarian dengan title atau judul "login password" maka kita mengetikkan "allintitle:login password".

-. [inurl:]
Memungkinkan kita melakukan pencarian pada suatu situs tertentu saja. Misal : "password inurl:www.jasakom.com", maka pencarian dengan keyword password akan dilakukan pada situs www.jasakom.com.

-. [site:]
Memungkinkan kita melakukan pencarian untuk membatasi pencarian pada site atau domain tertentu. Misal : "hacking site:co.id" akan dilakukan pencarian dengan keyword hacking pada semua site dengan domain .co.id.

-. [filetype:]
Memungkinkan kita melakukan pencarian untuk membatasi pencarian terhadapa file dengan ekstensi tertentu saja. Misal : "filetype:doc site:gov", maka akan ditampilkan semua link berisikan file dengan ekstensi .doc di domain gov.

-. [link:]
Memungkinkan pencarian untuk menampilkan halaman-halaman web yang mempunyai link ke suatu situs tertentu. Misal : "link:www.123.net", maka akan ditampilkan semua halaman situs yang mempunyai link ke www.123.net.

-. [related:]
Memungkinkan pencarian untuk menampilkan hasil-hasil yang mirip dengan web yang di spesifikasikan. Misal : "www.blackhat.com" akan menampilkan list halaman-halaman yang mirip blackhat.com.

-. [intext:]
Menampilkan hasil pencarian terhadap kata-kata tertentu, dengan mengabaikan URL serta judul dari halaman web.Misal : "intext:expoits" akan menampilkan halaman web yang ada kata-kata expoits.

-. [phonebook:]
Membantu pencarian untuk orang atau alamat.Misal : "phonebook:Anto+Bandung", maka akan ditampilkan informasi mengenai seseorang berupa alamat pada lokasi yang dicari.

Nah demikian dulu sedikit sharingnya mengenai Search Engine 'GOOGLE'.


Sumber : Buku 'Hack Attack, Konsep, Penerapan dan Pencegahan'

No comments: