Liputan6.com, Jakarta: Sepanjang tahun 2007, situs mesin pencari (search engine) Google telah meraih pendapatan US$ 8,6 miliar dari para pemasang iklan online di Amerika Serikat. Perolehan ini berarti mencapai 75 persen dari pangsa pasar iklan online di negara tersebut. Sementara pesaing utamanya, Yahoo, hanya menguasai lebih dari sembilan persen pangsa pasar iklan di AS. Sedangkan 16 persen dari bagian itu dikuasai oleh situs online lainnya. Demikian laporan periset bisnis online, e-marketer, Rabu (6/2).
Kendati demikian, e-marketer tidak menyebut siapa yang menguasai sekitar lima persen sisa dari pangsa pasar iklan online di AS yang dijelaskan tersebut. Yang terang, dengan pangsa pasar 75 persen itu, penguasaan pasar Google naik dari tahun 2006 yang 60 persen. Sementara para periset memprediksi pada tahun 2011 peluang pasar iklan search engine mencapai 16,6 juta miliar dolar AS.(ANS/Antara)
No comments:
Post a Comment